Informasi Tentang Bisnis Dan Panduan Membuat PT PMA

avatar

Danur Osda

Menjelaskan tentang alur bisnis dan bagaimana cara mengelolanya

Kewajiban Anak Laki-Laki kepada Orang Tua Menurut Islam

Danur Osda Hukum Keluarga,2018/09/19


Tanggungjawab dan kewajiban seorang anak laki-laki kepada orang tua menurut Islam.

 

Islam merupakan agama yang sempurna. Segalapokok kehidupan manusia sudah diatur sedemikian lengkap, dari urusan banguntidur sampai tidur lagi. Begitu pun mengenai kewajiban seorang anak terhadaporang tuanya, baik ketika keduanya masih hidup atau sudah meninggal. 




Perintahmemuliakan orang tua sudah tercantum secara jelas dalam Al quran yang artinya:

“Dan Rabb-mu telah memerintahkan kepadamanusia janganlah ia beribadah melainkan hanya kepadaNya dan hendaklah berbuatbaik kepada kedua orang tua dengan sebaik-baiknya. Dan jika salah satu darikeduanya atau kedua-duanya telah berusia lanjut disisimu maka janganlah katakankepada keduanya ‘ah’ dan janganlah kamu membentak keduanya” (QS.Al-Isra: 23)



Nah, mengacu ayat di atas, kira-kira apasaja, sih, bentuk tanggung jawab seorang anak laki-laki kepada orang tuamenurut agama Islam?


1.     Berbakti kepada Orang Tua

Kewajiban pertama yangharus ditunaikan seorang anak (baik laki-laki maupun perempuan) adalah berbaktikepada kedua orang tua, terutama ibunya. Hal ini sesuai dengan firman Allah Swtyang artinya:


“Dan seorang yang berbakti kepada kedua orang tuanya, dan bukanlahia orang yang sombong lagi durhaka”. (Q.S Maryam:14)


Namun, biasanya anaklaki-laki cenderung “melupakan” ibunya ketika sudah menikah. Padahal perintahberbakti akan tetap berjalan sampai kapan pun, bahkan ketika si orang tua sudahmeninggal sekalipun.

 

 

 


2.     Menyayangi dengan Tulus

Manusia lahir dandibesarkan sampai bisa mandiri seperti sekarang berkat kasih sayang kedua orangtuanya. Maka tidak ada alasan bagi Anda, sebagai anak laki-laki, untuk tidakmembalas budi baik bapak ibu.


“Dan rendahkanlahdirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: “WahaiTuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidikaku waktu kecil.” (Q.S Al Israa’:24)


Nah, salah satu caramemuliakan orang tua adalah dengan menyayanginya setulus hati. Bahkan ketikaAnda sudah menikah pun, hendaknya rasa cinta kepada ibu jauh lebih besardibandingkan cinta kepada istri. Agar tidak ada cemburu dan perselisihan antaramertua dan menantu, cobalah ciptakan suasana yang damai di tengah keluarga.

 




3.     Menghormati

Seorang anak memilikikewajiban untuk selalu berbuat sopan dan menghormati orang tua. Karenanya,berusahalah untuk selalu bertutur kata halus kepada keduanya. Hindari membentakatau berkata kasar kepada orang tua, meskipun mereka berbuat salah.


Alih-alih emosi, lebihbaik ingatkan orang tua dengan kata-kata dan perilaku yang lembut dan tidakmenyakiti perasaannya. Jika Anda sudah menikah, bimbinglah istri untuksenantiasa berbuat baik kepada orang tua Anda (mertuanya). Sebab bagaimanapun,orang tua Anda adalah orang tuanya juga.

 




4.     Memberi Nafkah secara Adil

Seorang anak laki-lakitidak diperkenankan untuk menelantarkan ibunya, terutama jika sudah menikah.Nah, soal nafkah ini memang rentan memicu pertengkaran antara menantu danmertua, sebab masing-masing pihak sama-sama merasa berhak atas nafkah darisuami/anaknya. Suatu hari Aisyah RA pernah bertanya kepada Rasulullah Saw:


”Siapakah yang berhakterhadap seorang wanita?” Rasulullah menjawab, “Suaminya” (apabila sudahmenikah). Aisyah Ra bertanya lagi. ”Siapakah yang berhak terhadap seoranglaki-laki?” Rasulullah menjawab, “Ibunya” (HR. Muslim)


Sebagai seorang anak,hendaknya Anda ikut membantu meringankan beban orang tua dengan memberinyanafkah—jika kebutuhan utama keluarga sudah tercukupi. Istri sebagai menantu punwajib memahami posisi suaminya yang harus terus berbakti kepada orang tuanya.

 




5.     Merawat dan Mendoakan

Merawat orang tua selagihidup dan mendoakan ketika sudah meninggal adalah cara lain memuliakan orangtua. Ini sesuai dengan firman Allah Swt dalam Al quran yang artinya:


“Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orangibu- bapanya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada duaorang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.” (Q.S Luqman:14)

 

Demikianlah beberapa sikap dan kewajibanyang harus dilaksanakan seorang anak laki-laki kepada orang tuanya dalam Islam.Semoga kita semua termasuk anak yang berbakti, ya.


  • Artikel (Hukum Keluarga)dari kategori yang sama
    Indonesian Marriage Visa
    Indonesian Marriage Visa(2018-11-13 13:11)

    < Desember 2018 >
    S M T W T F S
                1
    2 3 4 5 6 7 8
    9 10 11 12 13 14 15
    16 17 18 19 20 21 22
    23 24 25 26 27 28 29
    30 31          
    Rekomendasi WaGoMu
    Komentar Terbaru
    QR Code
    QRCODE
    Akses Counter
    Langganan Membaca
    Dengan memasukan Alamat E-mail dan mendaftarkannya, Pemberitahuan mengenai Tulisan terbaru di Blog ini akan dikirimkan melalui E-mail. Untuk memberhentikan klik →Disini
    Jumlah Pembaca Saat ini 2 Orang
    Profile
    Danur Osda
    Danur Osda
    E-mail ke Owner

    Komentari

    Nama
    Url
    Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.
    Komentar hanya dapat dihapus oleh pemilik Blog!
    削除
    Kewajiban Anak Laki-Laki kepada Orang Tua Menurut Islam
      Komentar(0)